Search

Daftar Smartphone dan Tablet Pendukung 4G LTE


Smartphone LG G2, salah satu perangkat 4G LTE
Smartphone LG G2, salah satu perangkat 4G LTE  
Gelaran layanan 4G LTE akhirnya dikomersialkan di Indonesia. Telkomsel menjadi penyedia layanan 4G pertama. XL dan Indosat akan menyusul dalam waktu dekat.

Layanan teknologi telekomunikasi generasi ke-4 ini menjanjikan kecepatan akses, dalam teorinya, sampai ratusan Mbps. Namun, Telkomsel menjamin kecepatan akses datanya bisa sampai 36 Mbps.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, pengguna harus mengganti perangkat dan kartu sim-nya dengan yang baru. Berikut ini beberapa perangkat pintar yang telah mendukung 4G LTE, yang terdapat di laman resmi 4G LTE Telkomsel.

Telkomsel bekerja sama dengan beberapa vendor untuk ketersediaan handset 4G ini. Untuk Samsung, ada Samsung Galaxy Alpha, serta Samsung Galaxy Tab S ukuran 8 dan 10 inci.

Sementara itu, beberapa perangkat LG yang mendukung teknologi 4G LTE, yang telah beredar di Indonesia cukup banyak. Beberapa di antaranya LG G3, G2, Nexus 5, G Pad, G Flex, dan G Pro 2.

Sony juga tidak ketinggalan. Seri Xperia Z3 keluaran Sony hampir semua mendukung 4G LTE. Ada juga Xperia M2, Z2, Z1, dan T3.

Jika ingin yang lebih berkualitas, HTC One M8 juga bisa menjadi pilihan. Demikian juga dengan Huawei Ascend Mate 7 dan Ascend P7.

Nokia, dengan sistem operasi Microsoft-nya juga memiliki perangkat yang telah mendukung layanan LTE. Beberapa di antaranya yang telah beredar di Indonesia adalah Lumia 820, 920, 930, dan 1520.

Memang, kebanyakan handset tersebut memiliki harga yang cukup mahal dan masuk dalam kategori high-end. Telkomsel pun mencoba menyiasati hal ini dengan memberikan program cashback.
Misalnya untuk Samsung Galaxy Alpha yang memiliki harga Rp7,5 juta, diberikan cashback sampai Rp2 juta. Sementara itu, LG G3 yang berharga sama, hanya mendapat cashback sampai Rp1 juta.

Butuh waktu beberapa bulan ke depan untuk bisa merasakan 4G LTE dengan handset terjangkau. Kabarnya, vendor lokal telah mengutarakan komitmennya untuk menggelontorkan handset berbasis LTE dengan harga murah. (art)

0 Comments