Search

Vendor Smartphone Terbesar Di Dunia

Nama-nama perusahaan yang mengeluarkan produk smartphone terbesar didunia seperti Nokia, Motorola, dan BlackBerry harus rela tergeser oleh LG dan Lenovo yang mulai terjun di produk smartphone dan tablet. Lenovo adalah Monster Asia 2013 dan 2014 di mobile computing, dan sekarang Lenovo juga sudah menjadi penghuni top 5 untuk smartphone. IDC dengan riset mereka mengeluarkan 5 brand/vendor smartphone terbesar dengan penjualan terbaik di kuartal kedua dan kuartal ketiga 2014;
Rank Kuartal 2 2014 Kuartal 3 2014
1 Samsung Samsung
2 Apple Apple
3 Huawei Xiaomi
4 Lenovo Lenovo
5 LG LG
Sementara itu, persaingan antara Samsung dan Apple sudah sejak tahun 2011, mereka bergantian menduduki top ONE, yang akhirnya Samsung berada dipuncak dengan Androidnya dibandingkan Apple dengan iOS. Berikut chart bersumber dari IDC (diambil khusus untuk kuartal kedua 2014);
Vendor Smartphone Terbesar WorldWide
Vendor Smartphone Terbesar WorldWide | Chart by: IDC
Catatan tersendiri bagi Nokia, April 2014 adalah berita perusahaan itu menjadi milik Microsoft, dengan divisi baru Microsoft Mobile di Finlandia. Dan Motorola Mobily sudah diambil alih oleh Lenovo dari sebelumnya milik Google.

Daftar 13 Vendor Smartphone Terbesar Di Dunia

Berikut ini 13 daftar perusahaan/vendor smartphone terbesar didunia, beberapa diantaranya juga memproduksi tablet, komputer portabel dan komponen hardware. Ini bukanlah urutan peringkat. Mereka adalah;
1. Nokia/ Microsoft

Nokia adalah perusahaan Peralatan industri Telekomunikasi dan perangkat lunak komputer. Didirikan tahun 1865 di Tampere, Grand Duchy, Finlandia dan tergabung dalam Nokia tahun 1871. Pendirinya adalah Fredrik Idestam dan Leo Mechelin. Perusahaan bermarkas di Espoo, Uusimaa, Finlandia.
Tahun 2014 Nokia sudah menjadi milik Microsoft. Microsoft Corporation sendiri adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika yang berkantor pusat di Redmond, Washington, yang mengembangkan, memproduksi, lisensi, mendukung dan menjual perangkat lunak komputer, elektronik konsumen dan komputer pribadi dan jasa.
Akuisisi ponsel bisnis mobile Nokia oleh Microsoft ditutup pada 25 April 2014 dan menyatakan aset ponsel Nokia menjadi bagian dari Microsoft Mobile, anak perusahaan baru dari Microsoft dan tetap berbasis di Finlandia.
Microsoft dengan Nokia Lumia-nya menurunkan smartphone di semua kelas, baik high-end, mid-range dan low-end serta masih memproduksi ponsel biasa sekedar SMS dan telepon (featured phone). Lumia 1020, 1520, 930 dan Lumia Icon adalah jajaran ponsel high-end andalan Nokia.
2. Samsung
Samsung Group, merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea. Samsung (telekomunikasi) adalah salah satu dari lima unit divisi bisnis perusahaan Samsung. Samsung sangat tenar dengan produksi andalannya Samsung Galaxy (Smartphone) dan Samsung Galaxy Tab (Tablet).
Salah satu dari 5 Vendor terbesar smartphone, Samsung dengan nama handset “Galaxy” menurunkan smartphone dan tablet di semua kelas, baik high-end, mid-range dan low-end serta masih memproduksi ponsel biasa sekedar SMS dan telepon. Samsung Galaxy S4, S5, Galaxy Note 3 dan Galaxy Note 4 adalah jajaran smartphone andalan Samsung tahun 2013 dan 2014.
3. SONY
SONY adalah perusahaan elektronik yang berpusat di Tokyo, Jepang. Sekarang, Sony merupakan produsen elektronik terbesar di Jepang, dan salah satu perusahaan terbesar di Dunia. Perusahaan ini didirikan oleh Masaru Ibuka dan Akio Morita. Berkantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang.
Era 2014 ini, dibawah kepemimpinan Kazuo Hirai (President and CEO), SONY beroperasi di beberapa bidang; Semikonduktor, Video game, Media / Hiburan, hardware komputer, peralatan Telekomunikasi termasuk smartphone dan tablet (divisi Sony Mobile). Juga memberikan Jasa berupa; Jasa keuangan, asuransi, perbankan, keuangan kredit Dan biro iklan. Pada kuarter pertama tahun 2012, Sony Mobile merupakan perusahaan pembuat ponsel terbesar ke-sepuluh di dunia.
SONY untuk handset, khususnya smartphone dan tablet menghadirkan produk andalan yang dikenal dengan nama “Xperia” di semua kelas, baik high-end, mid-range dan low-end serta masih memproduksi ponsel biasa sekedar SMS dan telepon. Xperia Z1, Xperia Z2, Xperia Z3 adalah jajaran smartphone andalan SONY tahun 2013 dan 2014.
4. Motorola
Motorola adalah perusahaan industri Telekomunikasi. Motorola didirikan pada tahun 1928 oleh Ludwig van Beethoven and Johannes Brahms, bermarkas di 1303 East Algonquin Road, Schaumburg, Illinois, Amerika Serikat. Perusahaan ini dibagi menjadi dua perusahaan publik yang independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions pada tanggal 4 Januari 2011. Motorola Solutions umumnya dianggap menjadi penerus langsung ke Motorola, Inc.
Motorola memproduksi komputer Tablet, ponsel, smartphone, Radio, sistem jaringan, Sistem televisi kabel, Jaringan broadband nirkabel dan sistem RFID serta Infrastruktur telepon seluler.
Pada tanggal 29 Januari 2014, Google mengumumkan bahwa Lenovo berencana untuk mengakuisisi bisnis smartphone Motorola Mobility.
Motorola khusus memproduksi smartphone, menghadirkan produk andalan yang dikenal dengan nama “Moto” di semua kelas, baik high-end, mid-range dan low-end serta masih memproduksi ponsel biasa sekedar SMS dan telepon. Motorola Moto X 2013, dan Motorola Moto X 2014 adalah smartphone andalan ditahun 2013 dan 2014. Sementara Moto E dan Moto G ada dikelas Mid-range dan Low-end.
5. Apple
Apple adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California. Bergerak dalam bidang komputer dan elektronik konsumen. Apple dikenal akan jajaran produk perangkat lunak diantaranya sistem operasi OS X dan iOS, pemutar musik iTunes, serta peramban web Safari, dan perangkat keras diantaranya iMac, MacBook Pro, iPod, iPhone dan tablet yang disebut iPad.
Perusahaan Apple Inc. sekarang dipimpin oleh Tim Cook sebagai CEO sejak 2011 menggantikan Steve Jobs. Apple sudah dirikan pada tanggal 1 April 1976 dan di-inkonporasikan menjadi Apple Computer, Inc. pada tanggal 3 Januari 1977. Sejak 9 Januari, 2007, kata “Computer” dihapus untuk mencerminkan fokus Apple terhadap bidang elektronik konsumen pasca peluncuran iPhone.
Salah satu dari 5 vendor smartphone terbesar, Apple untuk handset menghadirkan produk andalan yang dikenal dengan nama iPhone dan iPad hanya untuk persaingan kelas high-end. Apple selalu meluncurkan produk berkualitas seperti yang sekarang menjadi andalan mereka iPhone 6 dan iPhone 6 Plus untuk smartphone, iPad Air 2 dan iPad Mini 3 untuk tablet.
6. HTC
HTC awalnya hanya memproduksi telepon pintar (smartphone) yang berbasis perangkat lunak Windows Mobile, namun sejak 2009 mulai mengalihkan fokusnya ke sistem operasi Android. HTC adalah perusahaan yang bergerak dibidang peralatan industri Telekomunikasi, didirikan 1997, dengan markas Xindian District, New Taipei City, Taiwan. Tokoh penting adalah Peter Chou, Cher Wang dan Fred Liu. HTC khusus memproduksi Smartphone dan Tablet.
HTC juga adalah anggota Open Handset Alliance, sekelompok produsen perangkat telepon genggam dan operator seluler yang bertujuan memajukan platform perangkat bergerak (mobile) Android.
HTC untuk smartphone menghadirkan produk andalan yang dikenal dengan nama One dan Desire, untuk semua kelas, baik high-end, mid-range dan low-end. Beberapa andalan HTC diantaranya; HTC One M8, HTC One M7, HTC Desire 816, HTC Desire 820 dan lain-lain. Sementara HTC One 8 adalah produk flagship di kelas high-end.
7. BlackBerry
BlackBerry adalah telepon seluler yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, BlackBerry Messenger (BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam saat itu mengejutkan dunia. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, BlackBerry.
BlackBerry hadir dengan eksklusif seperti perusahaan Apple dengan iPhone-nya, tetapi tidak setenar iPhone. BlackBerry sampai sekarang merupakan smartphone untuk pegawai pemerintahan karena dikenal dengan sistem keamanan terbaik. Smartphone andalan mereka ditahun 2014 ini adalah; BlackBerry Passport, BlackBerry Classic, BlackBerry Z3 dan BlackBerry Porsche Design P9983 yang dikenal dengan ponsel paling mahal senilai $2200 atau setara dengan 26 juta rupiah (setidaknya itu harga hari ini di toko online amazon.com).
8. Huawei
Huawei Technologies Co. Ltd. adalah perusahaan untuk peralatan industri Telekomunikasi dan peralatan jaringan. Didirikan 1987 oleh Ren Zhengfei bermarkas di Shenzhen, Cina. Huawei memproduksi produk Mobile, jaringan fixed broadband, konsultan servis, teknologi multimedia, smartphone dan tablet komputer.
Salah satu dari 5 vendor smartphone terbesar, Huawei untuk smartphone dan tablet menghadirkan produk andalan yang dikenal dengan nama Ascend, Honor dan MediaPad. Produk andalan untuk 2014 dari Huawei adalah; Ascend P7, Ascend Mate 7, Honor Tablet, MediaPad 10 dan lain-lain.
9. LG
LG Electronics adalah perusahaan multinasional dari Korea Selatan. Merupakan perusahaan top 3 besar dalam bidang perangkat elektronika dan bidang pembuatan perangkat elektronika. Perusahaan ini berkantor pusat di LG Twin Towers di Yoido, Seoul. LG Electronics merupakan ikon dari LG Group. LG Electronics juga memiliki perusahaan Zenith Electronics dan mengontrol LG Displays, sebuah perusahaan gabungan dengan Philips Electronics.
LG yang identik dengan perusahaan TV, kulkas, dan perangkat elektronik rumah, kini LG mulai menjadi hebat di smartphone dan merupakan Salah satu dari 5 vendor smartphone terbesar. Produk andalan LG untuk tahun 2014 adalah LG G3 untuk kelas high-end penerus dari LG G2. Sementara lainnya bercokol model lain untuk Mid-range dan Low-end yaitu LG G Pro 2, LG G2 Mini, LG L60, LG G Vista dan untuk tablet ada LG G Pad 7 dan G Pad 8.
10. Lenovo
Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Dan tahun 2013/2014 perusahaan ini menjadi monster Asia dan bahkan dunia untuk Divisi mobile computing.
Lenovo menjual produk berupa; server, ultrabook, laptop, smartphone dan tablet. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya.
Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, dan 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.
Kini Lenovo juga mulai menggelontorkan smartphone dan tablet guna menjadi yang terbaik dan bahkan kuartal 2 tahun 2014 merupakan Salah satu dari 5 vendor smartphone terbesar, dengan handset andalannya; Lenovo Vibe X2, Z2 dan Z2 Pro untuk smartphone dan Lenovo Yoga Tablet 2, Lenovo Tab S8 untuk persaingan tablet.
11. ASUS
Ditulis dengan gaya huruf kapital ASUS, Asustek Computer Inc. adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen dan perangkat komputer seperti motherboard (pesaingnya MSI dan Gigabyte), kartu grafis, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi smartphone, tablet dan Monitor LCD.
ASUS untuk handset baik smartphone maupun tablet mengeluarkan produk andalan di kelas low-end, mid-range dan hig-end seperti pada smartphone; ASUS Zenfone 4,5, dan 6 lalu Padfone X, S, dan produk tablet seperti Memo Pad 7,8 dan Transformer Pad, serta FonePad 7 dan 8.
12. Oppo
OPPO Electronics Corp. adalah produsen elektronik yang berbasis di Dongguan, Guangdong, Cina. Produk utamanya termasuk MP3 player, pemutar Media portabel, LCD-TV, eBook, pemutar DVD/Cakram Blu-ray dan smartphone. Didirikan pada tahun 2004, perusahaan ini telah terdaftar dengan nama merek Oppo di belahan dunia dan terkenal dari seri pertamanya, yaitu Oppo Find 5.
Beberapa produk andalan Oppo pada tahun 2014 ini adalah Oppo Find 7 dan 7a, Oppo N1, Oppo Neo dan Oppo R1S.
13. Xiaomi
Xiaomi Inc. adalah sebuah perusahaan yang dimiliki pribadi untuk men-desain, mengembangkan, dan menjual ponsel pintar. Juga untuk membuat aplikasi, dan perangkat elektronik konsumer lain. Semenjak merilis ponsel pintar pertamanya pada Agustus 2011, Xiaomi telah mendapatkan pasar di daratan China. Xiaomi sering dikaitkan dengan strategi pemasaran Apple, sehingga Xiaomi sering disebut sebagai Apple-nya China.
Pada Agustus 2013, Hugo Barra yang merupakan mantan wakil presiden bagian pengembangan produk platform Android, telah bergabung dengan perusahaan Xiaomi sebagai wakil presiden dari Xiaomi Global.
Produk Xiaomi sedikit membingungkan untuk kelas Low-end, Mid-range dan High-end, karena disisi hardware smartphone ini masuk pada kelas high-end dan Mid-range sedangkan mereka menawarkan harga yang jauh lebih murah dari kompetitornya. Seperti pada Xiaomi Mi3, Mi4, Redmi Note dan paling ramai dibicarakan kuartal ketiga 2014 yaitu Xiaomi Redmi 1S.
Saya pribadi sebenarnya enggan memasukkan merek ponsel ini dijajaran yang sama dengan nama-nama seperti HTC, SONY, Apple dan Samsung. Mengingat harga chipset, kamera tertanam dan desain itu mahal, belum lagi biaya gaji karyawan dan lain sebagainya, saya menjadi heran dengan datangnya smartphone yang hadir lebih murah dari yang diperkirakan. Coba lihat: 3 Juta biaya produksi untuk iPhone 6.
Ada unsur keraguan tentang kualitas komponen yang tertanam pada ponsel Xiaomi. Namun saya ikutkan sebagai alternatif ketika ingin membeli smartphone di kelas Low-end dengan spesifikasi Mid-range. Sampai nanti suatu saat saya bisa yakin memasukkan merek Xiaomi ke jajaran kelas Mid-range dan High-End. Wait and See di ashimima.com
Pun begitu, mungkin ini strategi marketing dari Xiaomi untuk menjadi terkenal dulu, dan memperoleh fans setia, baru secara perlahan nantinya menyesuaikan harga.
Update: 14 Vendor Smartphone, dengan mulai bangunnya muka lama yaitu ZTE asal Cina.
14. ZTE
ZTE adalah perusahaan pemasok global bagi perangkat telekomunikasi dan solusi jaringan telekomunikasi. Perusahaan bermarkas di Shenzen, Republik Rakyat Tiongkok. ZTE didirikan pada tahun 1985 dan kini merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di China. ZTE mulai menjadi merek dunia, ketika hadir di Amerika Serikat sejak 1998, dengan kantor pusat di Dallas, Texas.
Untuk Smartphone, ZTE merupakan alternatif kelas mid-range dan low-end. Salah satu yang menjadi andalan adalah ZTE Nubia Z5S mini untuk mid-range dan ZTE Blade L untuk Low-end.

Software dan Perkembangan Perusahaan

Sementara sistem operasi adalah platform utama untuk antarmuka pengguna, disana Android menuai pangsa pasar tertinggi yang menurut IDC rata-rata 84%, disusul iOS 11%, kemudian Windows Phone 2,5% dan terakhir BlackBerry 0,5% serta sisanya terbagi oleh OS lain (data kuartal kedua 2014). Perusahaan handset (baik smartphone dan tablet) yang meluncurkan ponsel Android tentu akan menduduki peringkat di persaingan 2014/2015.
Walaupun iOS menuai pangsa pasar 11% saja, tetapi karena “ekslusif” tak heran jika Apple masuk jajaran 5 besar penjualan smartphone, sementara Android terbagi untuk HTC, SONY, Samsung, LG, dan lain-lain.
Blackberry memang turun drastis sejak mereka menggemparkan dunia dengan BB nya, walaupun begitu mereka sudah masuk kategori eksklusif dengan sistem keamanan OS Blackberry nya, bahkan jerman pun mewajibkan pegawai pemerintahan menggunakan merek ini.
Apple terkenal meluncurkan produk yang sedikit tetapi itu selalu “produk berkualitas”, tak heran jika merek ini sudah mempunyai pasar khusus di kelas atas. Apple tidak peduli dengan kelas menengah kebawah.

0 Comments