Search

Kecepatan Jaringan 5G Korea Selatan Mencapai 7.5 Gbps

Korea Selatan merupakan salah satu negara maju yang kini telah menemukan langkah anyar dalam bidang teknologi internet. Saat ini, jika seluruh belahan bumi masih berkecimpung dalam pergelaran 4G untuk jaringan seluler, di Korea Selatan sudah memulai eksperimen jaringan internet 5G.
Negara yang kerap kali dinobatkan sebagai negara dengan koneksi tercepat di dunia tersebut memulai eksperimen jaringan 5G bersama dengan Samsung. Hasilnya, pada bulan Oktober 2014 lalu tercatat hasil uji infrastruktur jaringan 5G pada Samsung mencapai kecepatan transmisi data hingga 7.5 Gbps dalam kondisi tidak bergerak atau stasioner. Sedangkan dalam kondisi bergerak dalam kendaraan yag  berjalan dalam kecepatan 100 Km/jam, jaringan 5G tersebut mampu untuk memperoleh transfer data 1.2 Gbps dengan jaringan yang tetap stabil.
Pengujian jaringan 5G dalam kondisi stasioner (diam) dan bergerak dilakukan pada frekuensi 28 GHz. Frekunsi ini tergolong cukup tinggi dan jarang sekali dipakai karena jangkauan yang terbatas.
Akan tetapi, Samsung menyatakan bahwa permasalahan tersebut sudah bisa diatasi dengan penggunaan”Adaptive Array Technology” yang memiliki pita frekuensi gelombang milimeter. Dengan menggunakan tekonologi ini, gelombang frekuensi yang cukup tinggi dapat mencakup area yang lebih luas.
Hingga saat ini, standar 5G masih belum ditetapkan. Akan tetapi, jika nanti jaringan 5G tersebut sudah digelar, teknologi jaringan seluler terbaru tersebut diharapkan dapat mencapai kecepatan transfer data hingga ratusan kali lebih cepat dari jaringan seluler 4G LTE.
“Kami akan terus menemukan inovasi serta terus mengembangkan teknologi tingkat lanjut untuk berkontribusi jaringan standar 5G,” ungkap Chang Yeong Kim, selaku kepala riset dan pengembangan Samsung Electronics, dalam sebuah berita yang ditayangkan Samsung Tomorrow.
Jika teknologi jaringan seluler ini dipublikasikan kelak, dapat dipastikan jaringan seluler terbaru ini akan menjadi jaringan terfavorit dan diminati. Dengan mengusung kecepatan transfer data yang sangat tinggi, menjelajahi dunia internet akan lebih kencang dan nyaman.

0 Comments