Search

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet


Pernahkah kamu terpikir, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan dari sebuah koneksi Internet? Sering kali menemukan kasus Internet lambat, padahal sudah menggunakan paket yang paling mahal, atau bahkan tidak mendapatkan sinyal.
Nah, kali ini saya akan membahas apa saja faktor penting yang mempengaruhi kecepatan dari sebuah Internet. Apa saja faktor-faktornya? Berikut ulasannya.
  • LokasiIni menjadi faktor paling penting dari semua faktor yang akan dibahas berikutnya. Lokasi merupakan alasan utama mengenai cepat atau lambatnya sebuah Koneksi Internet. Semakin bagus lokasi, maka semakin baik pula transmisi data yang terjadi.
    Sebagai contoh: Speedy
    Pada awal 2014, Telkom Speedy sudah mulai menggulirkan pemakaian Fiber Optik untuk Koneksi Internetnya, tapi belum semua wilayah terjangkau, sehingga pelanggan yang lokasinya belum terjangkau tidak akan bisa menikmati koneksi internet yang cepat. Oleh karena itu, Faktor lokasi sangat mempengaruhi dalam koneksi sebuah internet.
  • SinyalHampir sama pembahasannya, Sinyal tentu juga tergantung Lokasi, semakin bagus lokasi, terutama dekat dengan BTS Provider tersebut, maka semakin bagus pula koneksi internet yang didapat.
    Sebagai contoh: BoltSuper 4G
    Provider ini hanya tersedia di kawasan JaBoDeTaBek, dan menjanjikan kecepatan up to 72Mbps. Tapi pada kenyataannya, tidak semua wilayah (JaBoDeTaBek) mendapatkan kecepatan yang dijanjikan. Hal ini bisa jadi karena pembagian menara BTS yang belum merata.
  • Provider Penyedia Internet (ISP)Ini krusial. Dari semua yang sudah dibahas sebelumnya, ISP selalu menjadi aktor penting dalam jalannya sebuah Internet, tentu dengan memilih ISP yang pas dan tepat dengan kondisi lokasi serta penerimaan transmisi sinyal akan menjadi hal yang disarankan.
    Sebagai contoh: FastNet
    FastNet menyediakan Jasa Internet yang terbilang cukup baik dan stabil, hanya saja jangkauannya belum terlalu luas, sehingga rumah, kantor atau bahkan gedung yang membutuhkan Jasa dari FastNet ini terbilang rumit, dikarenakan instalasinya yang belum sampai.

SOLUSI MENGATASI INTERNET YANG LAMBAT?

Jika ditanya apa solusinya, tentu jawabannya akan relatif dan beragam. Saya asumsikan kita sedang menggunakan Modem Eksternal. Dalam kasus tersebut, Modem Eksternal adalah perangkat yang membutuhkan sinyal kuat dan stabil untuk mendapatkan koneksi Internet yang prima.
Nah, jika lokasi kamu tidak terlalu mendukung untuk mendapatkan sinyal yang bagus (padahal sudah pakai paket yang mahal), cobalah untuk mengakalinya, misal: menggunakan Antena YAGI.
Antena Yagi terbukti dapat meningkatkan sinyal yang rendah menjadi kuat, alat ini bisa dibeli dengan kisaran harga Rp 150.000,- s/d Rp 300.000,-.
Sedangkan untuk pengguna Internet kabel, Permasalahan mengenai lokasi adalah hal yang sulit. Jika lokasi tidak terlalu mendukung, cobalah untuk mencari tau, kira-kira alternatif apa yang bisa digunakan, entah itu menggunakan modem eksternal atau mulai beralih ke provider lain.

0 Comments